05.53

Inilah 5 Khasiat Air Putih

5 khasiat air putih bagi kesehatan. Sobat mungkin terbiasa minum air putih setiap harinya. Namun, mungkin saja di antara Anda ada yang belum mengetahui khasiat air tersebut.

1. Menjaga keseimbangan cairan tubuh
Dengan kandungan air dalam tubuh mencapai 60%, fungsinya amat penting dalam proses pencernaan, penyerapan makanan, sirkulasi, menghasilkan air liur, angkutan nutrisi tubuh, dan menjaga suhu tubuh. Jika kekurangan air, yang haus bukan hanya mulut, melainkan otak. Asupan air untuk tubuh dapat diperoleh dari air putih, jus, susu, teh, dan kopi. Dalam hal ini minuman alkohol tidak masuk hitungan karena justru menyebabkan tubuh dehidrasi.

2. Meningkatkan energi otot
Jika otot terasa nyeri dan lelah adalah pertanda cairan tubuh tidak seimbang. Karena itu minum banyak air sebelum dan saat berolahraga dianjurkan untuk mengganti cairan yang hilang lantaran menjadi keringat.

3. Mengontrol kalori
Dalam beberapa tahun terakhir peserta diet menenggak banyak air minum nonkalori sebagai cara menurunkan berat badan. Makanan yang mengandung banyak air cenderung untuk kerap dikunyah dan diserap tubuh perlahan. Ini menumbuhkan rasa kenyang. Makanan itu di antaranya adalah buah-buahan, sayuran, sup, gandum, dan kacang-kacangan.

4. Menjaga fungsi ginjal
Sampah utama dalam tubuh adalah nitrogen urea, yang larut dalam air, kemudian disaring oleh ginjal dan dibuang melalui urin. Ginjal bekerja amat baik jika didukung cairan tubuh seimbang. Tubuh yang cukup air menghasilkan urin berwarna terang, tidak bau, dan mengalir lancar.

5. Menjaga keseimbangan fungsi saluran pencernaan
Karena usus amat leluasa menggiling makanan dan menyerap sarinya. Jika kurang air, usus besar menyerap kembali cairan dari kotoran. Inilah penyebab sembelit dan susah buang air besar, karena terlalu kering setelah airnya disedot kembali oleh tubuh. Jadi sebaiknya meminum air segar, atau Anda membiarkan usus besar mengorek sisa air dari calon tinja. 
 
 



hai sobat ayo gabung di facebook blog ini bersama dengan ribuan sahabat lain


Artikel Terkait:

2 Responses to “Inilah 5 Khasiat Air Putih”

SURABAYA CYBER CITY | BUKAN SEKEDAR BERITA SAMPAH :

makasih atas artikel yang menyehatkan gan ..hehe

22 Januari 2011 pukul 06.06

r10 :

betul sekali, air putih itu "obat" yang murah meriah dan menyehatkan

25 Januari 2011 pukul 17.49

Posting Komentar