10.12

Mekkah Menjadi pusat waktu dunia

Di waktu Sd saya duku kota di terangkan bahwa GMT merupakan standart waktu universal seluruh dunia akan tetapi sekarang Greenwich Mean Time (GMT) yang menjadi standar waktu universal dan telah berusia 126 tahun itu ditantang oleh jam raksasa yang dibangun di Kota Suci Mekkah dan diharapkan dapat menjadi acuan bagi 1,5 miliar muslim di dunia.

Arab Saudi akan menguji jam terbesar di dunia di Kota Suci Mekkah selama bulan Ramadhan. Menara jam dengan empat sisi ini akan dipasang di atas sebuah pencakar langit besar yang memiliki tinggi total sekitar 600 meter atau tertinggi kedua di dunia setelah Burj al Khalifa di Dubai.

Jam ini juga akan membuat jam yang menjadi landmark kota London, Big Ben, yang pernah menempati posisi sebagai jam empat sisi terbesar di dunia, menjadi terlihat kecil. Dengan diameter sekitar 40 meter jam Saudi ini akan lebih besar dari juara dunia jam terbesar saat ini yakni jam Mall Cevahir di Istanbul, yang memiliki lebar 36 meter dan ditaruh di atap

Di setiap sisi jam tersebut akan tertulis 'Allahuakbar' dalam bahasa Arab dilengkapi dengan ribuan lampu warna-warni. Jam akan terlihat dari jarak sekitar 25 kilometer. Sebuah dek observatorium direncanakan dibangun di dasar jam. Sebentuk bulan sabit emas yang sangat besar dengan diameter 23 meter akan diletakkan di atas jam serta akan ditembakkan lampu ke arah bulan sabit tersebut. Seluruh jam, dari dasar sampai dengan bulan sabit, itu sendiri akan memiliki tinggi 251 meter.

Adapun pendirian Menara Jam Mekkah ini supaya Mekkah menjadi patokan waktu dunia, sebagai keinginan kalangan muslim sendiri untuk mencari alternatif standar waktu universal. Menurut ulama Mesir Yusuf Qardawi, Mekkah lebih tepat ditetapkan menjadi poros bumi, meridian utama, dan menjadi titik keselarasan magnetis sempurna.

Beberapa temuan ilmuwan Arab, Abdul Basyit dari Pusat Penelitian Nasional Mesir mengatakan bahwa tidak ada gaya magnet di Mekkah, yang berarti nol zona magnet, itulah bagi mereka yang tinggal di sana akan lebih sehat dan tidak terpengaruhi oleh magnet bumi.

Sedangkan ilmuwan Barat menentang pernyataan itu, karena magnet Kutub Utara adalah fakta, gaya itu melintasi garis bujur Kanada, AS, Meksiko, dan Antartika.

Semoga Kota Mekkah merupakan acuan waktu seluruh dunia yang menggantikan GMT.. Tapi  yang saya Binggungkan terus gimana caranya merubah waktu seluruh dunia...Hehehehehe



hai sobat ayo gabung di facebook blog ini bersama dengan ribuan sahabat lain


Artikel Terkait:

8 Responses to “Mekkah Menjadi pusat waktu dunia”

Taufik :

wuih ... jam segitu gedenya ...
harus bisa ngegantiin GMT tuh ayo SOB dukung Jam yang di Kota Suci menggantikan GMT...

14 Agustus 2010 10.45

Kolom Bebas :

wow!
mantap sobt... :)

14 Agustus 2010 10.56

Muhammad Taqi :

makkah mukarromah euy...

14 Agustus 2010 11.01

AZ COMSOFT :

waw, benar - benar menakjubkan...Subhanallah...tapi apakah ini akan menjadi persaingan yah?

14 Agustus 2010 16.37

prayuza zafin :

Subhanallah..AllahuAkbar..semoga ini akan menambah keindahan Mekah.

14 Agustus 2010 16.41

Serba Blog :

wah,,,hebata bngt...

keren sob..

14 Agustus 2010 16.42

Yoga Prasetiyo :

wah menakjubkan,, mantap sob,,

14 Agustus 2010 17.10

Ibnu(dunia-klue) :

Mekah menjadi lebih lengkap keindahannya

14 Agustus 2010 17.11

Posting Komentar