15.22

Tari Tor-Tor Batak di Klaim Malaysia

Tari Tor-Tor Batak di Klaim Malaysia - Klaim Malaysia terhadap seni budaya bangsa Indonesia kembali mengejutkan masyarakat Indonesia. Setelah Reog Ponorogo dari Jawa Timur dan tari Pendet dari Bali, kini Malaysia mengklaim kebudayaan Indonesia tari Tor-tor dan alat musik Gordang Sambilan. Kedua kesenian asal Batak, Sumatera Utara itu akan dimasukkan Malaysia sebagai warisan budaya mereka.

Tari Tor-tor ini biasa ditampilkan dengan gerakan berulang-ulang. Tarian ini biasa dibawakan saat acara adat, seperti acara perkawinan. Biasanya ditarikan oleh hadirin termasuk pengantin dan juga para muda-mudi. Tarian ini juga dimaksudkan untuk membangkitkan roh atau jiwa yang tersembunyi dalam diri manusia. 

Rencana pendaftaran dua kesenian asli Sumatera Utara sebagai warisan budaya Malaysia itu disampaikan langsung oleh Menteri Penerangan Komunikasi dan Kebudayaan Datuk Seri Dr Rais Yatim.Mendengar rencana negeri Jiran itu pun, sejumlah kalangan di tanah air kebakaran jenggot.

Anggota Komisi X DPR yang membidangi Pendidikan, Kepemudaan, Olahraga, Kesenian dan Kebudayaan, Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio menilai, tari Tor-tor jelas berbeda dengan tradisi kultur Malaysia.

Lihat videonya disini.

Memang Ya Malaysia ini gak tahu diri. Selalu mengklaim kebudayaan kita. 



hai sobat ayo gabung di facebook blog ini bersama dengan ribuan sahabat lain


Artikel Terkait:

1 Responses to “Tari Tor-Tor Batak di Klaim Malaysia”

Ray Ferdian :

sudah berapa banyak budaya indonesia di klaim malaysia.

24 Juni 2012 08.24

Poskan Komentar